Tips Cara Memperbanyak ASI & Melancarkan ASI

Tips Agar ASI Banyak dan Lancar

Cara Memperbanyak ASI : Tips Agar ASI Banyak dan Lancar akan membantu Bunda memiliki ASI melimpah. Kebanyakan ibu menyusui akan memiliki rasa khawatir jika ternyata ASI yang dimilikinya tidak dapat mencukupi kebutuhan bayi. Karena tentunya jika hal ini terjadi bayi akan kekurangan sumber makanan utamanya. ASI adalah satu-satunya sumber makanan bagi bayi pada usia 0-6 bulan.


Pada masa ini, ibu wajib memberikan ASI secara eksklusif ( baca Manfaat dan Kandungan yang Terdapat Pada ASI Eksklusif. ) Masa ini juga akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi hingga ia besar nanti. Bayi yang mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan penuh akan memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Setelah 6 bulan, ASI akan terus diberikan sebagai makanan pendamping hingga bayi berusia 2 tahun.

Memiliki ASI yang tidak lancar tentunya akan membuat ibu merasa resah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya kebiasaan menyusui yang salah dan juga keadaan psikologis ibu. Jika mengalami hal yang sama, Bunda tidak perlu khawatir. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ASI banyak dan lancar. Berikut ini adalah 20 Tips Agar ASI Banyak dan Lancar.

Memijat payudara

Cara Memperbanyak ASI : Cara ini terbilang sangat mudah sekali, Bunda hanya perlu memijat payudara secara rutin setiap hari untuk membuat ASI menjadi banyak dan lancar. Biasanya pada masa awal menyusui ibu akan mengalami kendala dengan produksi ASInya yang sedikit. Kekhawatiran yang muncul pun dapat menyebabkan ibu menjadi stres karena khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan bayinya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memijat payudara. Bunda dapat mencoba untuk memijat payudara setiap malam sehabis menyusui. Memijat payudara akan membuat aliran ASI semakin lancar, akibatnya produksi ASI pun akan ikut lancar dan banyak.

Menyusui bayi 2 jam sekali

Cara Memperbanyak ASI : Perlu Bunda ketahui bahwa produksi ASI akan sangat tergantung pada jumlah permintaan. Itu berarti semakin banyak permintaan akan menyebabkan semakin banyak pula ASI yang diproduksi. menyusui bayi setiap 2 jam sekali tentunya akan membuat permintaan ASI semakin banyak. Dan tentunya produksi ASI yang banyak pun akan mengikutinya. Ada beberapa ibu yang membuat jadwal menyusui secara ketat sehingga ibu hanya mau menyusui pada waktu-waktu tertentu saja. Hal tersebut akan membuat produksi ASI semakin berkurang karena berkurangnya permintaan. Menyusui bayi 2 jam sekali merupakan cara yang tepat untuk memperbanyak produksi ASI.

Menyusui dengan bergantian

Cara Memperbanyak ASI : Bunda juga bisa mencoba untuk menyusui bayi secara bergantian yaitu dari puting kanan dan puting kiri. Tujuannya adalah agar ASI di kedua payudara dapat sama-sama habis dan kemudian terisi penuh kembali. Misalnya bayi sudah menyusu di payudara kanan selama 10 menit, selanjutnya Bunda bisa memindahkan bayi untuk menyusu di payudara kiri dalam waktu yang sama. Jika kedua payudara sama-sama kosong maka produksi ASI pun akan semakin meningkat untuk mengisi payudara yang kosong tersebut.

Posisi yang nyaman selama menyusui

Posisi menyusui yang nyaman akan membuat bayi semakin merasa nyaman untuk menyusu dalam waktu yang lama. Pastikan puting masuk ke dalam mulut bayi agar ASI dapat terpompa dengan sempurna. Bunda juga harus memastikan pipi bayi ada pada aerola agar aliran ASI menjadi lebih lancar. Jika aliran ASI sudah lancar, akibatnya produksi ASI pun akan ikut lancar dan banyak.

Meminum banyak air putih

Cara Memperbanyak ASI: Ibu yang menyusui akan membutuhkan lebih banyak cairan. Oleh karenanya ibu menyusui harus meminum banyak air putih agar tidak kekurangan cairan. Sebaiknya Bunda menyediakan botol khusus berisi air yang dekat dan dapat dibawa kemana-mana. Tujuannya adalah agar Bunda lebih mudah saat akan minum air putih sehingga tidak akan kekurangan cairan.

Menghindari stres atau tekanan

Keadaan psikologis ibu juga akan sangat mempengaruhi produksi ASI. Ibu yang stres dan tertekan cenderung akan memiliki produksi ASI yang sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menghindari stres. Jika Bunda sudah merasa bosan atau penat sebaiknya Bunda meminta bantuan suami atau keluarga lainnya untuk gantian menjaga bayi sebentar agar Bunda bisa memiliki waktu sendiri untuk menghilangkan stres.

Kompres payudara dengan air hangat

Menurut sebuah penelitian terbukti bahwa payudara dapat merangsang ASI agar keluar dengan lebih lancar. Oleh karena itu, Bunda dapat mencoba cara ini untuk membuat ASI menjadi banyak dan lancar. Bagi ibu yang baru saja melahirkan memiliki produksi ASI yang sedikit merupakan hal yang wajar. Mengkompres payudara dengan air hangat secara rutin akan membantu memperlancar keluarnya ASI dari payudara.

Memberikan rangsangan pada puting

Puting susu merupakan bagian payudara yang sangat sensitif sekali terutama terhadap sentuhan. Memberikan rangsangan pada puting berupa pijitan kecil yang dilakukan perlahan akan memberikan rangsangan reflek oksitosin dan membuat payudara menghasilkan lebih banyak ASI.

Sering melakukan kontak langsung dengan kulit bayi

Kontak langsung dengan kulit bayi juga akan membuat produksi ASI menjadi lebih banyak. Kelenjar susu akan secara efektif terangsang dengan adanya sentuhan langsung dari kulit bayi. Cara ini merupakan salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk merangsang produksi ASI, terutama bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Menjaga asupan nutrisi

Ibu menyusui memerlukan banyak sekali nutrisi yang akan digunakan dalam produksi ASI. Pada akhirnya nutrisi tersebut tidak hanya dikonsumsi oleh ibu melainkan juga oleh bayi. Menjaga asupan nutrisi yang masuk menjadi salah satu hal yang paling penting. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ( 25 Makanan Pelancar dan Penambah ASI ) banyak sayur dan buah-buahan. Bunda bisa memilih jenis buah yang kaya akan mineral dan air untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu Bunda juga harus mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung protein.

Hypno breast feeding

Cara ini juga dikenal cukup ampuh untuk membantu memperlancar produksi ASI dalam tubuh. Hypno breast feeding dilakukan dengan cara membayangkan ASI yang mengalir deras dari payudara. Dengan demikian ASI akan secara alami mengalir deras dengan sendirinya. Hypno breast feeding biasanya dilakukan dengan bantuan dari ahli hypno terapi.

Membuat ikatan batin yang lebih dekat dengan bayi

Sebenarnya ikatan batin antara bayi dan ibu akan secara alami terbentuk sejak bayi baru lahir. Namun hal ini juga perlu diperkuat seiring berjalannya waktu karena ikatan batin merupakan hal yang sangat perlu dijaga. Bunda bisa menjaganya dengan cara lebih mendekatkan diri dengan bayi. Ikatan batin dan kedekatan antara ibu dengan bayi juga akan mempengaruhi kelancaran produksi ASI pada ibu.

Banyak meminum air hangat

Cara Memperbanyak ASI: Air hangat memang sudah terbukti mampu merangsang produksi ASI. Ibu yang baru saja melahirkan dapat menggunakan cara ini untuk membantu merangsang ASI agar keluar dengan lancar. Memiliki ASI yang lancar dan banyak merupakan dambaan setiap ibu. demikian adalah Tips Agar ASI Banyak dan Lancar yang dapat Bunda coba di rumah.