25 Makanan Pelancar dan Penambah ASI

Makanan Pelancar dan Penambah ASI

Makanan Penambah ASI : ASI eksklusif merupakan sumber makanan paling utama untuk bayi sebelum ia berusia 6 bulan. Tetapi, banyak sekali wanita, terlebih lagi yang baru saja melahirkan, tidak mau memberikan ASI eksklusif  tersebut. Padahal tahukah Bunda bahwa ASI eksklusif sangatlah penting. Nah, di bawah ini ada berbagai makanan pelancar/penambah/penyubur ASI.

Kacang almond


Selain gurih, ternyata kacang almond merupakan salah satu makanan dalam melancarkan ASI Bunda. Kandaungan kalsium di dalamnya sangat baik dalam meningkatkan kualitas ASI. Oleh sebab itu, Bunda akan dengan mudah mencukupi kebutuhan ASI kepada bayi.

Edamame, makanan untuk penambah ASI


Kandungan di dalam edamame juga sangat baik dalam menambah ASI Bunda. Nah, kandungan- kandungan tersebut diantaranya adalah :

  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Asam folat
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Zat besi
  • riboflavin

Pepaya


Buah pepaya termasuk dalam kelompok makanan yang dapat memperbanyak ASI, karena kandungannya yang terdiri dari 50% kalium dan 33% vitamin yang lebih banyak dibandingkan kandungan yang terdapat pada buah jeruk. Kandungan kalium tersebut sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan kalium saat masa menyusui. Karena, jika kekurangan kalium didalam tubuh akan berpotensi terjadi depresi. Sedangkan seharusnya kondisi Bunda yang sedang menyusui harus stabil.

Bayam


Sayur yang kaya akan manfaat ini sangat bagus bagi Bunda yang menyusui, bayam memiliki kandungan enzim yang disebut phytoestrogens. Enzim tersebut umumnya juga terdapat pada sayuran hijau lainnya.

Sup khusus untuk menambah ASI


Sup yang dapat berperan untuk memperbanyak ASI adalah sup yang terdiri dari daging ayam ataupun ikan. Kuah yang terdapat pada sup bermanfaat untuk menambah cairan dalam tubuh Bunda yang akan menyusui. Daging ayam atau ikan memiliki kandungan protein yang tinggi yang juga bagus bagi kondisi Bunda yang menyusui.

Asparagus


Selain bermanfaat untuk diet, kandungan gizi yang terkandung didalamnya juga bagus untuk Bunda menyusui. Terutama asparagus memiliki asam folatnya yang sangat tinggi. Pegolahannya pun mudah, asparagus tersebut dapat dimasak seperti sup dan dikonsumsi saat waktu makan siang ataupun ketika makan malam.

Wortel


Selanjutnya ada sayuran wortel, seperti yang kita ketahui wortel kaya akan vitamin A yang tinggi. Selain itu wortel mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk memproduksi banyak ASI. Untuk memperoleh manfaat tersebut ibu dapat meminum 1 gelas jus wortel sebelum jam makan siang dengan begitu Bunda dapat memproduksi ASI pada sore harinya.

Habbatunssauda (Jinten Hitam)


Kandungan di dalam minyak habbatussauda sangat bermanfaat dalam melancarkan peredaran ASI. Bukan hanya itu saja, habbatussauda juga dapat menjaga stamina Bunda dalam menyusui sang buah hati.

Semangka

Khasiat dari semangka sangat baik dalam memenuhi kebutuhan akan vitamin A Bunda dalam menyusui. Banyaknya kadar air di dalam buah semangka juga dalam menjaga asupan cairan dalam tubuh. Selain kaya akan vitamin A, semangkan juga kaya akan vitamin C, asam folat, serta kalium.

Daun katuk


Komposisi kalium, fosfor, dan protein yang terdapat dalam daun katuk sangat baik dalam memperlancar ASI. Para Bunda yang ada di rumah dapat mengolahnya menjadi sayur bening, juga dapat ditambah dengan jagung, supaya rasanya lebih nikmat.

Kacang hijau


Kacang hijau selain dapat menstimulus hormon oksitosin, ternyata juga mempunyai vitamin B1 atau kadar tiamin yang dapat mengubah karbohidrat menjadi sebuah energi. Hal ini dikarenakan Bunda yang sedang menyusui membutuhkan energi yang lebih besar jika dibandingkan ketika hamil.

Jambu air


Bukan hanya tinggi akan vitamin C, A, zat besi, dan fosfor. Jambu air juga  bagus untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang berperan untuk meningkatkan saraf dan otot. Vitamin A yang terkandung didalam buat berguna sebagai perlindungan pada sistem kekebalan tubuh sang bayi serta meningkatkan ketahanan pada infeksi.

Daun pepaya


Rasanya yang pahit cenderung membuat banyak orang tidak terlalu menyukainya. Padahal, daun pepaya dapat menjadi solusi untuk mempelancarkan ASI. Umumnya daun pepaya akan lebih nikmat jika dikonsumsi dengan cara ditumis ataupun direbus yang disantap bersama sambal terasi.

Buah Pare


Rasanya hampir persis dengan daun pepaya, pare mempunyai kandungan anti oksidan dan vitamin C. Dan tahukah Bunda bahwa pare sangat bermanfaat untuk Bunda yang menyusui sang buah hati.

Labu siam


Ketika Bunda mengkonsumsi labu siam yang cukup ketika sedang menyususi sang bayi, maka dapat membantu perkembangan jaringan pada tubuh bayi. Selain itu juga sangat bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin dalam darah.

Ikan salmon


Makanan yang satu ini banyak sekali kandungan lemak DHA, sehingga sangat baik dalam perkembangan saraf bayi.

Kacang-kacangan


Kacang-kacangan, terlebih lagi kacang hitam atau kacang merah selain diperkaya akan zat besi, ternyata juga memiliki kandungan protein non hewani cukup tinggi. Untuk itu, Bunda dapat mengkonsumsinya dalam seminggu sebanyak 3 kali atau lebih. Hal ini dikarenakan makanan yang satu ini sangat baik dikonsumsi untuk ASI.

Blueberry


Blueberry kaya akan antioksidan sehingga bisa terpenuhinya jus atau porsi buah untuk Bunda menyusui. Bukan hanya itu saja, Blueberry adalah salah satu buah yang kaya akan mineral dan vitamin serta karbohidrat dalam menjaga energi sang Bunda.

Daging sapi


Daging sapi, terutama daging tanpa lemak bisa mengoptimalkan energi sang Bunda terlebih lagi ketika sedang menyusui sang buah hati.

Beras merah


Terkadang ada sebagian Bunda yang telah melahirkan berupaya untuk menurunkan berat badan, padahal berat badan yang menurun akan dapat menurunnya produksi dari ASI tersebut. Dengan begitu sang Bunda akan mengalami lesu dan letih. Salah satu yang dapat menjaga kebugaran dalam masa menyusui adalah dengan mengkonsumsi beras merah.

Jeruk


Selain sangat mudah untuk ditemukan, jeruk juga dapat menjaga daya tahan Bunda menyusui. Konsumsilah jeruk setiap hari agar kondisi fisik tetap prima. Bunda juga dapat menikmatinya dengan dibuat menjadi olahan lain, seperti jus.

Roti gandum


Kebutuhan akan asam folat dan zat besi dalam ASI juga bisa Bunda temukan pada roti gandum. Selain terdapat kandungan zat besi dan asam folat, ternyata di dalam roti gandum kaya akan serat juga.

Telur


Telur tentunya sudah sangat familiar didengar, khasiat telur adalah dapat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bayi.

Oatmeal


Oatmeal merupakan salah satu makanan yang dapat memperbanyak ASI. Bahkan, oatmeal dapat menjaga tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan dapat memicu hormon oxytocin. Ketika Bunda mengkonsumsinya dengan teratur, maka dapat memberikan dampak positif.

Kurma


Bunda tidak perlu menanti kurma pada bulan puasa saja, tetapi kenikmatan kurma dapat juga dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memperbanyak produksi ASI. Rasa legit dan manis tentunya sangat cocok di lidah.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan pelancar/penambah/penyubur ASI.