Monthly Archives: May 2017

Cara Menyimpan ASI Untuk Ibu Bekerja Part 2

Cara menyimpan ASI untuk ibu bekerja – Bagi Anda seorang ibu yang memang aktif di dunia luar atau sedang bekerja, cara menyimpan ASI untuk ibu bekerja perlu Anda tahu. Bagaimana cara menyimpan ASI untuk ibu bekerja?

Cara Menyimpan Asi Untuk Ibu Bekerja

Tentu saja Anda perlu pastikan menyimpan ASI di dalam wadah yang tepat dan steril. Anda bisa simpan ASI didalam botol kaca atau plastik ASI. Anda bisa masukkan ASI ke dalam botol kaca atau plastik ASI dan simpan didalam penyimpan sebelum satu jam di luar tempat penyimpanan.

Anda bisa simpan ASI yang sudah dimasukkan ke botol kaca atau plastik ASI ke dalam cooler bag, freezer atau juga kulkas. Tetapkan sesuai kebutuhan Anda. Untuk cooler bag biasanya digunakan menyimpan ASI untuk kegiatan traveling. Didalamnya ada ice cooler yang jika sudah tidak dingin perlu Anda dinginkan lagi kemudian bisa digunakan tempat menyimpan ASI.

Jika Anda mengenakan air susu selama 24 jam, Anda bisa simpan ASI di kulkas dengan suhu 4 derajad celcius. Sementara jika bunda sedang dinas di luar kota dalam beberapa hari, Anda bisa masukkan ASI perah ke kulkas selama setengah jam. Jika memang ASI sudah dingin, bekukan didalam freezer dengan suhu -18 derajad celcius atau lebih rendah. Kondisi ASI yang beku ini Anda bisa menggunakan ASI selama 1 minggu bahkan lebih dari 3 bulan.

Itulah bagaimana cara menyimpan ASI untuk ibu bekerja yang bisa Anda lakukan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Cara Penyimpanan ASI yang Benar

Cara penyimpanan ASI yang benar – Cara penyimpanan ASI yang benar memang harus diketahui utamanya oleh ibu yang produktif di luar rumah dan harus meninggalkan bayinya. Tentu Anda tidak mungkin meninggalkan bayi tanpa ASI karena ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi Anda.

Cara penyimpanan ASI yang benar adalah pertama – tama Anda dinginkan ASI dalam waktu kurang dari 1 jam setelah dipompa dari payudara. Kemudian beri label tanggal dan jam simpan agar ASI mudah diingat. Cara penyimpanan ASI yang baik adalah jangan dibuat penuh dalam wadah simpan melainkan bagi sedikit – sedikit karena susu yang tidak habis perlu dibuang dan tidak baik disimpan lama – lama di suhu ruang. Upayakan Anda isi botol ASI tidak penuh melainkan sisakan sekitar 2 cm ruang kosong dari atas.

Jika ASI disimpan dalam suhu ruang, ASI bisa bertahan dalam waktu 6 jam. Sementara jika disimpan dalam kulkas atau cooler box akan bertahan lebih lama. Jika memang ASI Anda simpan dalam kulkas bersuhu 4 derajad celcius, ASI bisa bertahan selama 24 jam. Sementara jika ASI disimpan dalam freezer bersuhu -15 derajad maka ASI bisa bertahan lebih lama lagi bahkan sampai dengan 3 bulan lamanya.

Itulah informasi tentang bagaimana cara penyimpanan ASI yang tepat dan bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas membantu Anda.

Cara Menyimpan ASI Ibu

Cara menyimpan ASI ibu – Cara menyimpan ASI ibu yang baru diperah memang tidak boleh sembarangan. Ada baiknya ASI disimpan dengan cara yang baik supaya ASI bisa bertahan lama bahkan lebih dari 8 jam. Idealnya memang ASI bisa bertahan dalam suhu ruang sekitar 6 sampai dengan 8 jam. Setelah itu, ASI tidak bisa digunakan lagi.

Tetapi lain halnya kalau kita simpan ASI di tempat penyimpanan. Nantinya ASI tentu akan bisa bertahan lama bahkan bisa bertahan kurang lebih sekitar 2 minggu atau bahkan lebih tergantung cara penyimpanan kita dalam tempat penyimpanan tersebut.

Anda bisa menyimpan ASI dalam freezer.

Tetapi daya tahan ASI tentu tergantung pada model piranti penyimpanan ASI yang bersangkutan. Didalam model lemari kulkas satu pintu, ASI akan aman dikonsumsi sampai dua minggu.
Lain halnya jika Anda simpan didalam lemari kulkas dua pintu, waktu penyimpanan bisa lebih lama sampai dengan 3 atau 4 bulan. Apalagi jika disimpan dalam freezer khusus dengan suhu sangat dingin dibawah 18 derajad celcius. ASI akan aman dikonsumsi sampai dengan 6 bulan lamanya.

Selanjutnya jika ASI sudah disimpan dalam jangka waktu tertentu didalam freezer, sebelum diberikan kepada bayi baiknya Anda hangatkan dulu. Caranya yaitu dengan memanaskan botol atau kantong ASI didalam air mendidih. Baru ASI yang bukan ASI beku bisa Anda berikan kepada bayi.

Itulah informasi cara menyimpan ASI ibu yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat